Sunday, April 8, 2012

Tas Belanja Cantik buat Suting DAAI TV

#Pakaian Bekas Laik Pakai#


Ada cerita yang menyenangkan, awal April ini. Rentetan dari minggu kemaren, saat Transformasi Hijau yang membuka lapak di Garage Sale Cikini membawa kesempatan bagi saya, bikinan jari untuk membuat tutorial tas belanja dan interview oleh DAAI TV. Tas Belanja yang saya buat dari pakaian bekas itu adalah salah satu materi kampanye Transformasi Hijau, sebagai alternatif pengganti tas kresek/ plastik. Tutorial tas belanja yang lain bisa dilihat di sini dan di sini.
Kamis sore, 5 April 2012 kru tv (terima kasih buat mba Isyana) sdh hadir ke Rumah Kemuning, tempat baru saya untuk beraktivitas sebulan ini. Selama proses suting, saya dibantu oleh rekan saya Hendra M. Aquan untuk mengambil gambar (foto dan video). Untuk kreasi tas belanja kali ini, pilihan jatuh pada terusan coklat muda, motif bunga2 dan berlubang-lubang. Bahannya cukup tebal dan lubang-lubangnya cukup kecil, jadi tidak diperlu diberi lapisan kain. Berikut alat dan bahan yang diperlukan. 

***************
Tas Belanja dari Pakaian Bekas

Alat : 
  1. Gunting
  2. Jarum Pentul
  3. Jarum Jahit 
  4. Benang
  5. Pendedel Benang
  6. Pensil/ Kapur jahit
  7. Meteran
  8. Peniti
  9. Mesin Jahit*
* mesin jahit sengaja diletakkan di urutan paling bawah, karena kreasi ini masih bisa dilakukan dengan jahit tangan bagi yang tidak punya mesin jahit atau menumpang jahit :)

Bahan :  Pakaian Bekas (T Shirt; Kemeja; Rok; Terusan)

Tips memilih pakaian bekas untuk dijadikan tas belanja :
  • lihat lebih dekat, kalau perlu rentang2kan untuk mengecek kekuatan kain. Jika mudah robek berarti kain tidak cocok untuk dibuat tas belanja (karena tidak akan mampu menahan beban berat); kecuali membuat tas dengan dua lapis. 
  • Biasanya jika ada noda yg tidak begitu menggangu maka saya biarkan saja, untuk menambah corak.
  • Jika ada lobang atau sobek, cek lagi apakah krn kain sudah tua (rentan sobek) atau hanya karena sobek tak disengaja. Jika krn sobek tak disengaja, maka masih bisa di tutupi dengan cara dijahit menutupi lubang atau diberi aplikasi kreasi perca
  • Ukuran pakaian lebih besar lebih baik, karena tas belanja dimaksudkan untuk memuat banyak belanjaan. 
  • Jika dirasa jahitan asal bahan tidak kuat, maka jahit lagi ditempat yang sama untuk memperkuatnya.
Cara Membuat :
  1. Setelah pakaian bekas terpilih, retas beberapa jahitan misalnya bagian pakaian paling bawah; kupnat (=lipatan pada pakaian, biasanya dijahit membujur pada pinggang, untuk mengepas pakaian dan bentuk tubuh; sum: wiktionary.org); bisa juga tidak dilakukan jika ingin membuat kesan yang berbeda.
  2. Untuk badan tas, ukur sesuai bahan (disini saya memakai ukuran bahan panjang 49 cm lebar 40cm) dan untuk tali tas (74 cm x10cm) dua buah atau panjang 148 cm x 10cm (setelah dijahit, tinggal di bagi dua ukuran sama panjang)

Badan Tas; Tali dan Kain Sisa
  1. Simpan sisa kain untuk kreasi lainnya. 
  2. Jahit sisi kiri, kanan dan bawah badan tas, sehingga berbentuk kantong. Ambil salah satu sudut rentangkan, sehingga jahitan sisi dan bawah menyatu, jahit hingga berbentuk siku. Lakukan untuk sisi lainnya. 
  3. Untuk badan tas bagian atas, lipat skitar 1 - 0.75cm ke dalam kemudian lipat ke dalam lagi skitar 2,5 - 3 cm, jahit hingga keseluruhan tas bagian atas. Lipatan bisa dibantu dengan jarum pentul atau jahitan jelujur. 
  4. Untuk tali tas, jahit di bagian belakang bahan. Kemudian di balik bagian jahitan menjadi bagian dalam tali tas dengan menggunakan bantuan peniti. [lihat gambat di bawah]
  5. Jahit di sisi kiri dan kanan tali untuk menguatkan dan kesan manis di tas. Jika tali tas dibuat 1 buah memanjang, maka potong menjadi dua bagian.
  6. Ukur sisi kiri 10cm untuk meletakkan tali beri tanda, lakukan untuk sisi kanan bagian depan, belakang dan sisi kiri bagian belakang. 
  7. Ambil tali, lipat bagian dalam sedikit untuk menutupi bagian bekas potongan dan letakkan di samping tanda yang sudah dibuat dan 5cm dari ujung bagian atas tas. [Lihat gambar di bawah]. Lakukan untuk ketiga bagian tali lainnya. 
  8. Jahitan tali ke badan tas dibuat rangkap/ berbentuk O atau Kotak atau tanda X supaya kuat.
  9. Buang benang-benang sisa jahitan di badan tas
Membuat tali tas

Ukur letak tali


DAAANNNNNN.... Ini hasil jadinya.................
Lebih manis jika ditambah assesories




****************
foto oleh : Hendra M. Aquan

6 comments:

  1. kunjung perdana ni mba cantik sekali kreasinya,menyulap baju seken menjadi tas yg pantas di sandang.asesoris bunga nya lucu bgt salut buat mba d tunggu kreasi lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih.... silakan jalan2 ke postingan yang lainnya.. :)

      Delete
  2. mantap juga ni kunjungin juga
    http://belajarbisniskaosdistro.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Tutorial cara membuat tas belanjanya sangat membantu, terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain kanvas berkualitas untuk membuat tas?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete