Tuesday, April 24, 2012

sisa kain jadi kreasi cantik

# Viselin  #
Beberapa hari ini, saya mencoba memanfaatkan kain-kain sisa yang dibuang sayang. Ada banyak cara asik buat manfaatin kain perca yang kecil-kecil tapi motifnya cantik atau lucu itu. Salah satunya yaitu dibuat aplikasi gambar yang kita inginkan. Dengan bantuan viselin dan benang sulam, kain-kain sisa itu bisa bermanfaat lagi. 

Kreasi ini akan lebih asik lagi jika kita membuat  sendiri desain, gambar, dan abjad atau huruf sesuai yang kita inginkan. :)

Alat dan Bahan yang diperlukan adalah
  • Kain Perca/ sisa sisa kain
  • Kain Media seperti kain polos, pakaian, tas, atau potongan jeans yang ukurannya lebih besar dari gambar
  • Viselin [fusible interfacing]
  • Benang Sulam
  • Kertas/ gambar yang diinginkan
  • Jarum Sulam
  • Jarum Pentul
  • Gunting 
  • Setrika
  • Lem Bening (UHU/Lem Styrofoam)/ Double tape
#Aneka Benang Sulam dan Jarum Sulam#
 Cara Membuatnya :
  1. Pilih beberapa potongan kain sisa yang akan diaplikasikan ke gambar atau tulisan. Kemudian letakkan di atas viselin yang bagian mengkilap.
  2. Setrika pada bagian yang ada kain percanya.
  3. Ambil gambar yg sudah dipilih, jiplak ke kertas untuk mempermudah, gunting. Jika ngerasa tidak perlu memakai mal kertas, bisa langsung saja.
  4. Kemudian jiplak ke kain bersama viselin. Sebelum digunting, beri jarum pentul supaya tidak lepas, ini sangat membantu untuk gambar ukuran kecil.
  5. Gunting sesuai mal. Kemudian dengan bantuan lem bening, letakkan mal/kain ke kain media.
  6. Gunakan benang sulam dan jarum sulam untuk aplikasi tusuk feston dari gambar ke kain media. Untuk tusuk feston silakan ke sini
  7. Lakukan hingga seluruh gambar.
Kain sisa dan mal kertas
Untuk April Challenge Indonesian Crafter yang bertema Home Sweet Home, saya mencoba mengaplikasikan peta Indonesia dan tulisan INDONESIA di atas celana jeans yang sudah tidak terpakai. Saya mencari peta Indonesia di google dan langsung menjiplaknya dari layar komputer ke kertas bekas.

Peta Indonesia
Saya sengaja memakai kain yang warna warni dan dari bahan yang berbeda, seperti kaos, batik, dan katun. Saya ingin tahu bahan apa saja yang paling mudah dikreasikan dengan cara ini. Terutama saat menyulam dan pada bagian yang kecil.
Selain flanel, bahan kaos ternyata lebih mudah untuk kreasi ini, karena serat benangnya tidak lepas.

Ini hasilnya..
 Jika anda punya banyak kain sisa, Mari mulai berkreasi...... :)

6 comments:

  1. Keren, mbak kreasinya. Tp, ini diaplikasikan untuk apa ya....?
    kLo soal sisa kain, sy ada buanyak dan slama ini sy juga produksi bros. Btw, blognya inspiring bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih... kalau untuk tutorial ini saya buat rumahnya pctab mba... juga untuk tas laptop...

      Delete
  2. kak, hasilnya bagus-bagus. TOP deh! jadi pengen buat juga *terutama yang tas*. tapi aku punya kendala, kain percaku ada yang pinggirannya semraut dan bikin gereget gara-gara benangnya *benang yang dari kainnya* gak bisa diem gimana nih. #ngerti ngak maksudku?
    tolong tipsnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pinggiran perca, tergantung bahan juga misalnya bahan jeans biasanya malah cantik kalau tepian benangnya terurai... Tapi untuk bahan halus, seperti syfon, satin memang harus dipotong tepiannya. Mungkin pada saat penyimpanan perca yang ditumpuk begitu saja, bisa bikin pinggiran benangnya semrawut. Biasanya untuk perca yang lebar (bisa dilipat), untuk penyimpanannya sebelum dilipat dipotong tepiannya, kalau bisa dengan gunting zigzag. Kemudian dilipat dan disimpan. Tips lainnya potong pinggiran pada saat ingin membuat suatu kreasi. Jadi setelah di jahit tepian atau bisa juga jahit zigzag, tidak terurai pinggiran benangnya. Untuk aplikasi sulam yang kecil-kecil, biasakan menggunakan viselin supaya tepian kain tidak terurai benangnya... semoga membantu...

      Delete
    2. tips untuk kreasi ini adalah pemakaian bahan, ebih mudah jika memakai bahan kaos. Jika masih ingin memakai bahan yang gampang terurai, salah satu triknya adalah setelah di lapis kain dan di potong, segera di jahit tepinya. Jika perlu tepi2 kainnya di bakar (dekatkan dengan api lilin) lalu segera dijahit. Semoga membantu...

      Delete
  3. kolase menjadi media pembelajaran yang kreatif juga

    ReplyDelete