Tuesday, December 10, 2013

Fabric Rose [FF11]

Rosette
Dapat tutorial fabric rose ini dari http://bridgetbaxter.blogspot.com : Tattered Fabric Roses dan emang bener, bikin ketagihan hehehe.... Percobaan pertama dan kedua kurang bagus. malah menghasilkan bentuk bunga yang beda hehehe... 
Siapkan kain 3-5cm x 30-45cm
Dalam tutorial menggunakan 1.5"-2" x 44" atau sepanjang potongankain yang dipunyai. Saya memakai 30-45 cm untuk mendapatkan bunga yang lebih kecil :) 
Lipat dua
Simpul ujungnya
Simpul
Gulung 
hingga dirasa cukup
Pada awalnya, saat melipat cukup sulit. Karena sebelum berkreasi bunga ini, saya membuat bunga mawar dengan lipatan berbeda. Jadi belum masuk di logika lipatannya *halah*
Gulung ke dalam, sambil tetap membuat kain dilipat dua
Begitu juga penggunaan lem, pada akhirnya saya malah sama sekali tidak memakai lem. Pada tutorialnya, pemakaian lem cuma berupa dot dan bisa 4 kali saja/bunga. Saya memakai jarum dan benang. Dengan membuat beberapa tusuk di bagian dasar bunga. 
Jika ingin ditambahkan tule/brokat 
Dalam tutorial juga dijelaskan bagaimana menambahkan tule/satin/brokat. Dan saya mencobanya. Tambahkan pada skitar 3/4 ujung kain. Dan lanjutkan lipat dua, menggulung dan melipat hingga ujung kain. 
lanjutkan menggulung dan melipat
Lem/jahit sisa kain
Lem/jahit ujung kain ke bagian dasar bunga. beri pin peniti/magnet/jepit rambut. Bila mau, hias permukaan dengan manik. mote... Selamat mencoba....

No comments:

Post a Comment