Wednesday, June 27, 2012

Membayar janji tentang Pewarna Alami

#Pewarnaan Alami#
Akhirnya.. ada juga kesempatan membayar  lunas :) janji yang pernah saya buat dengan 'Adek-adek'ku 

Sebelum workshop keranjang koran, di Central Park, saya paksakan diri dan berasa seperti mbok jamu saat membuat pewarna alami. Pewarna kali ini dari kunyit dan teh.Sebenarnya saya ingin mencoba bayam merah, hanya saja tidak saya temukan di pasar. 


Berikut urutan persiapannya : 
  1. kunyit dibersihkan dari tanah/ kotoran lainnya
  2. siapkan juga botol plastik yang sudah dibersihkan, juga corong plastik
  3. jangan lupa dengan sarung tangan karet (supaya tangan tidak kena warna kunyit)
  4. Blender potongan kunyit (disini saya memasukkan juga kulit kunyitnya), beri air secukupnya
  5. Jika sudah halus, peras dengan menggunakan kain
  6. Masukkan ke dalam botol plastik. Sisa ampas kunyit, tidak langsung saya buang. Saya simpan di freezer, untuk dipergunakan lain waktu. 
p.s. : segera cuci alat2 terutama blender setelah membuat Juice Kunyit. Karena warnanya yang sangat kuat dan cenderung meninggalkan bekas. 

dann.. cerita tentang workshop bisa dilihat di sini

No comments:

Post a Comment