Friday, December 20, 2013

Frilly Flower [FF14]

Frilly FF
Skali lagi saya senang dengan bunga ini...................
bikin yang buanyakkkk... ;p
Kreasi bunga ini perlu mesin jahit. Tapi jika ngga punya, bs dicoba dengan jahit tangan :) Pertama bikin, sok-sokan langsung jahit aja, ternyata bunga ini tidak perlu di balik setelah jahitan tepi karena menjahit di sisi bagus kain, dan malah memanfaatkan jahit zigzag dan membiarkan bentuk jahitannya terlihat, untuk mempercantik bunga ini. Jika mau, pilih benang yang berbeda, untuk padupadannya...

Saya dapat tutorialnya dari blognya Allisa Jacobs [http://quiltish.blogspot.com/] dengan judul Frilly Fabric Flower Tutorial makasih banyak, udah sharing tutorialnya.... :)

Buat yang pengen tau caranya, silakan langsung aja ke http://quiltish.blogspot.com/2010/06/frilly-fabric-flower-tutorial.html ya...


Siapkan bahan
Siapkan 2 motif kain (pilih senada atau sewarna) dan gunting bulat (ukuran 7-8cm/menyesuaikan kain) masing-masing sebanyak satu buah.
Jahit Zigzag
Ambil 2 buah kain, yang beda motif, tumpuk hingga sisi baik kain masing-masing terlihat. Jahit zigzag, dalam tutorialnya jahit kecil saja. tapi karena saya senang dengan jahit zigzag, maka saya buat ukuran yang besar dan bentuk jahitan terlihat.
Cara menjahit
Ambil jarum dan benang, lipat seperti gambar di atas kemudian tusuk (klik gambar untuk memperjelas) satu sisi kemudian sisi yang lainnya. Untuk mudahnya, lipat dua kemudian tusuk di ujung lipatan, kemudian lipat dengan sisi berlawanan dan tusuk lagi.
Jahitan bawah
Untuk memperkuat dan membentuk lekukan, saya tusuk berkali-kali beberapa arah :)

Hasil 
Jika sudah cukup dengan lekukan bunga, sisipkan pin peniti/jepit rambut atau pilihan assesories lainnya.

****

Saya juga mencoba membuat lekukan dengan cara lain. Jahit jelujur di bagian mendekati pangkal kelopak (lihat gambar di bawah) kemudian serut benang hingga bagian kelopak melengkung. bentuk lekukan sesuai selera, kemudian jahit beberapa kali di berbagai sisinya. Usahakan jahitan tidak terlalu kentara di kelopak bagian luar.
Cara Kedua
Coba bikin kedua cara membentuk bunganya ya... dan jangan sungkan buat share ceritamu di sini.. :)
Hasilnya...

No comments:

Post a Comment