Monday, July 16, 2012

MISANGA, GELANG PERSAHABATAN UNTUK WILDA...

Ku di bikin-in gelang misanga...senangnya...
Beberapa bulan lalu, di jari kreasi saya sempat membagi ilmu membuat anyaman misanga. Apa itu misanga, silakan lihat di sini. Setelah teman saya bisa membuat misanga, saya meminta dia untuk menulis tentang misanga ini. Ini ditulis oleh seorang teman yang sudah jauh ke negeri eropah sana... :( 
                                                          ****************

Layar komputer ini tetap kosong lebih dari 2 jam lalu. Saya tidak tahu mau mulai darimana. Tidak tahu bagaimana menjelaskan perasaan dan pengalaman saya tentang sebuah kreasi kerajinan tangan dalam tali temali yang banyak orang kira berasal dari Jepang,  Misanga.
Seharusnya saya bisa langsung menuliskan langkah langkah pembuatan misanga, yaitu:
1)    Mengerti prinsip pembuatannya
2)    Memiliki alasan kuat mengapa membuatnya dan mengapa harus menyelesaikannya.
Atau tentang Wikipedia.com menuliskan tentang misanga adalah teknik membuat gelang persahabatan atau juga yang dikenal di Negara barat sebagai gelang tanda keberuntungan. Tapi saya akan menunda membicarakan hal-hal di atas. Karena ada yang ingin saya keluarkan dari kepala saya dulu.  
Ini:  
‘’ LAPOR! Misanga itu rumit, Jendral! Serumit persahabatan!’’
Ok! (tarik nafas)

Sekarang kembali ke langkah pembuatan misanga:
1)    Mengerti prinsip pembuatannya, yaitu:
  • Motif misanga terbentuk dari formasi warna tali hasil pengikatan tali
  • Pembentukan formasi warna dihasilkan dari pengikatan tali demi tali secara berurutan
  • Pengikatan dipengaruhi oleh warna tali yang ingin ditonjolkan. Warna yang ditonjolkan menentukan tali yang bergerak mengikat. Warna lawannya menjadi tuas pengikat. Ilustrasi:
          •    Tali 1: hitam, tali 2: merah
          •    Warna yang ingin ditonjolkan: merah
          •    Pengikatan : Gerakkan tali 2 untuk diikatkan pada tali 1. 
               Ikat dua kali dengan gerakan yang sama agar tebal.   
               Lakukan seterusnya berdasarkan warna warna yang ingin ditonjolkan.
4 [empat] buah simpul dasar misanga

2)    Memiliki alasan kuat mengapa membuatnya dan mengapa harus menyelesaikannya.
Rumitnya proses pembuatan, waktu yang harus didedikasikan, komitmen untuk menyelesaikannya apapun yang terjadi membuat orang biasa seperti saya hanya akan mau melakukannya untuk orang yang disayang.  Mungkin ini juga yang kemudian membuat penduduk di Negara barat menyebut Misanga sebagai gelang persahabatan atau gelang keberuntungan. Mungkin.
Pertamakali membuat misanga, saya frustasi luar biasa. Formasi motif tidak konsisten, salah urutan ikat, dan pegal luarbiasa. Setelah 1 minggu menyerah, saya ingat guru saya yang sabar. Perlahan saya mulai dari awal. Ini yang saya lakukan:
Persiapan
  1. Pilih motif dengan 2 warna tali: warna 1 dan warna 2.
  2. Pilih jenis tali: benang jahit, benang rajut, dsb.
  3. Panjang tali, sesuaikan kebutuhan (gelang tangan biasanya membutuhkan  1 – 1,5 meter).
  4. Sediakan 6 ruas benang warna 1 dan  4 ruas warna 2.
  5. Sediakan peniti besar.
  6. Sediakan pelepas ikatan, bila tak punya peniti juga bisa.
  7. Tarik nafas.
  8. Sediakan komitmen, dedikasi dan kesabaran.
Catatan
Jumlah ruas benang yang lebih banyak adalah warna dasar gelang.
Jumlah ruas benang yang lebih sedikit adalah warna motif utama.

Pembuatan
  1. Simpulkan semua benang menjadi satu dengan menyisakan ujung benang sepanjang 10 cm.
  2. Masukkan jarum peniti di rongga simpul, dan penitikan di tempat yang memiliki daya menahan gerakan mengikat juga memberi kenyamanan saat membuatnya. Contoh: bantal kursi, atau bantal tidur.
  3. Mulai ikat tali demi tali berdasarkan prinsip pembuatan misanga.
  4. Gunakan kesabaran.
  5. Bila kehabisan, gunakan komitmen.
  6. Bila kehabisan, gunakan dedikasi.
  7. Bila kehabisan, segera jadikan semuanya sebagai obsesi.
  8. Hati-hati terobsesi oleh Misanga.
Atau google DIY Video dari Youtube atau google how to make misanga. Haha...

Tips   : 
Jenis tali apapun yang dipilih pastikan memiliki ketebalan yang cukup dan konsisten. Tebalkan benang jahit dengan mengkalikan lembaran benang sampai (minimum) 5kali.
Analisa tentang warna atau gaya apa yang disuka penerima misanga akan menghasilkan misanga yang layaknya manusia, selalu berbeda, kembar sekalipun.
 Yang terakhir, logika. Fungsi utamanya untuk dapat menghasilkan motif yang rapi dan konsisten. Bila terjadi salah ikat, segera gunakan logika yang berpegang pada prinsip pembuatan.
Selamat berkreasi. Bila bingung bagaimana memunculkan warna atau salah terus dalam memformasikan motif ... tarik nafas. Ingat komitmen dan dedikasi. Analisa. Logika. Dan orang yang kamu sayang itu pantas dapat misanga darimu.

**************** 
Karena saya sendiri belum sempat membuat tutorial Misanga, terimakasih Ulil yang sudah membantu membuatkan tutorialnya. Jika saya sudah punya kesempatan, jelas saya akan membuat tutorial nya.....

Menemukan tulisan asik lagi tentang misanga, silakan di sini dan di sini 

*****
Update : Akhirnya bisa juga membuat tutorial simpul dasar untuk misanga. 
Untuk free tutorial, silakan kontak kami di : 
*****

6 comments:

  1. hehehehe.. sama aku juga nyaris frustasi tapi sekaligus menantang juga untuk menyelesaikannya .. ternyata bikin gelang persahabatan ini ga boleh salah sama sekali, perlu konsistensi, ketekunan, kesabaran dan pantang menyerah.. seperti sebuah persahabatan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. stuju ma "ga boleh salah sama sekali.." bener banget tuh mba.. kalau ku ada salah nganyam, walau pun sudah jauh tetep ku bongkar untuk dibenerin... seperti menuntut/dituntut sebuah kesempurnaan ya...

      Delete
    2. mungkin lebih tepat menuntut akurasi tinggi hahahah kaya prinsip jurnalistik :D btw aku juga kena demam misanga ini http://designbyvitarlenology.blogspot.com/2012/08/friendship-bracelets-yang-bikin.html

      Delete
    3. wuihh.. canggih mba...ku suka tulisannya... ku sdiri malah belum bisa banyak nulis, padahal misanga udah ku geluti skitar 10 tahunan *lama juga ya..*

      krn sudah ckp lama, jd demam misangaku skarang kambuhan hehehe.... (setahun sekali hihihi..)

      Delete
  2. kakak biasanya pake tali apa kak untuk bikin misanga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya memakai benang jahit, jadi dari selembar benang jahit, di rangkap 5-7 helai. Alasannya karena selain kuat ngga melar, warnanya juga ngga berubah walau udah tahunan... selamat mencoba...

      Delete