Tuesday, February 28, 2012

Fabric Origami [6]

#Fabric Origami#
Mau mencoba membuat yang ini? Kreasi ini relatif mudah, hanya memerlukan sedikit ketelatenan.

Langkah Pertama
Buat Lingkaran (bisa dengan bantuan mal dari kertas koran) dari kain perca, gunting. Kemudian tandai titik tengah lingkaran kain tersebut.
Langkah Kedua
Lipat satu bagian lingkaran (seperti gambar di atas), tahan dengan menggunakan jarum pentul. Kemudian ambil bagian lain, hingga terbentuk segitiga di dalamnya. (karena saya tidak mendapatkan rumusan cara melipat, maka cara termudah ya try and error then try again). Lakukan hingga terbentuk 6 sisi. (lihat gambar langkah ketiga)
Langkah Ke tiga

Mungkin pemilihan kain memang harus diperhatikan ya... Untuk contoh yang satu ini, saya memakai kain yang lumayan sulit untuk di'lipat' sehingga memerlukan banyak jarum pentul.

Langkah Ke empat

Jika sudah terbentuk 6 sisi sama panjang (silakan di ukur dengan bantuan penggaris), jahit ditengahnya, supaya lipatan tidak lepas. Untuk mempercantik origami ini, tambahkan kancing, mote atau manik. 

Selamat mencoba.................

Selengkapnya......

Monday, February 27, 2012

Fabric Origami [4&5]


#langkah pertama#
Ini Kreasi Fabric Origami ke empat. Kreasi yang ini tidak sama persis dengan tutorial yang saya punya. Karena keterbatasan bahasa dan gambar, maka saya berimprovisasi saja.

Silakan klik foto untuk memperbesar gambarnya.

Siapkan satu buah bujur sangkar, tandai bagian tengahnya. Ambil salah satu sudutnya, lipat ke dalam (kain bagian dalam) hingga ke titik tengahnya. Lakukan sudut yang lain. Untuk memudahkan, bisa meakai jarum pentul untuk menahan sementara lipatan tadi.
Jika sudah semua sudutnya terlipat, ambil salah sudut dan lipat ke tengah. Lakukan hal yang sama dengan sudut yang lain. Hingga keempatnya terlipat dan menjadi bentuk seperti foto di bawah ini.
Tambahkan kancing/ mote/ manik-manik untuk mempercantik origami ini.


*****************************************



Fabric Origami Ke-5

Origami kain ini akan lebih cantik jika di susun berderet panjang, untuk hiasan tas kain misalnya. Cara membuatnya sebagai berikut,
  1. Langkah pertama bisa dilihat di sini
  2. Kemudian, menjahitnya di letakkan di samping kanan. Lakukan pada sisi yang lain
  3. Dengan bantuan jarum pentul, tahan sudut-sudutnya, untuk memutar kain bagian tengahnya. 
  4. Jahit mengelilingi tengah kain, jika mau diberi hiasan kancing kecil, mote atau manik.
Klik untuk memperbesar gambar
Untuk kreasi Origami kain yang lain bisa dilihat di sini dan di sini
*****************************************

Selengkapnya......

Saturday, February 25, 2012

Fabric Origami [3]

#Origami kain#
Mari mencoba kreasi yang ini juga.....
Untuk membuat bujur sangkar, saya mencoba menggunakan teknik melipat ini. Kain di lipat sehingga berbentik segitiga. Saya berharap mendapatkan hasil yang bagus, ternyata tidak demikian. Setelah di ukur, sisinya tidak sama. Maka saya tetap menggunakan cara pertama, yaitu memakai mal dari koran bekas. :)
Beri tanda bagian tengahnya. Lipat ke dalam sisi-sisi bujursangkar ini, misal 0,5 sm. Kemudian, lipat salah satu sudutnya ke titik tengah.


Lakukan dengan sudut yang lainnya. Beri jarum pentul untuk menahan lipatan.
Setelah itu, balik sehingga bagian yang terlipat di bawah. Ambil salah satu sudut, kemudian lipat ke tengah, demikian juga sudut-sudut yang lain.
Jika sudah selesai, jahit lipatan kain di titik tengah. Untuk mempercantik bisa ditambahkan kancing, mote atau manik. Contoh di atas, menggunakan kain flanel untuk hiasan tengahnya. 

origami kain yang lain bisa dilihat di sini dan di sini

Selengkapnya......

Fabric Origami [2]

#Aplikasi origami kain di tutup botol plastik#
Selanjutnya, kita bikin origami kain yang ini ya....
Origami yang ini, lebih bagus jika diaplikasikan dengan beberapa warna dan motif perca.Bisa ditempel di tas sebagai hiasan.
Cara Membuatnya :
Tandai empat bagian tengah sisi-sisi bujur sangkar. tambahkan tanda si kiri kanan tanda pertama tadi sekitar 0,5 - 1 cm. 
Lipat bagian tengah sisi, kemudian bisa dengan bantuan jarum pentul atau di jahit sedikit sebagai penandanya. Lakukan pada ke-empat sisi bujursangkar tersebut. Jahit sisi yang dilipat.



Masih dengan bantuan jarum pentul, buat seperti gambar di atas.

Hubungkan keempat lekukan kain dengan bantuan jarum dan benang. Untuk lebih cantik, tambahkan kancing, manik-manik atau mote ditengahnya.

Aplikasi di tas

Ini hasil jadi kreasi lengkapnya. Mengambil gambar ini, karena saya belum mengaplikasikan hingga bentuk tas ;)

Selengkapnya......

Thursday, February 23, 2012

Kreasi Bunga Matahari

bunga matahari dari kain flanel

Untuk Fabric Origami yang pertama sengaja saya pilih yang bunga matahari terlebih dahulu, karena selain cantik juga bisa langsung diaplikasikan ke kain atau tas.

Bahan dan alat yang diperlukan :
  1. Kain perca polos dan kain bermotif (di sini saya memilih kaos ungu tua dan kain kotak-kotak)
  2. Kain keras/ busa kain/ dacron
  3. Koran bekas
  4. Gunting
  5. Jarum jahit dan benang
  6. Jarum pentul
  7. Meteran kain/ penggaris 
Cara membuat (silakan klik foto untuk memperbesar gambar): 
Kaos Ungu Tua ini akan dijadikan kelopak bunga
Jumlah kelopak bunga bisa bervariasi dari 5 s/d 8 buah
jika sudah selesai dengan 1 kelopak, benang dan jarum jahit tidak perlu langsung di potong tapi terus pergunakan untuk kelopak yang lainnya
jika sudah selesai tahap ini, benang juga jangan langsung dipotong. biarkan saja dulu
Saya memakai perca kotak-kotak ini untuk dipakai ditengah bunga

Setelah jadi, kemudian jahitkan mengelilingi kelopak bunga. Dan berikut hasilnya.............


Selengkapnya......

Kreasi Origami Kain Perca dan Flanel

Mcoba buat hiasan origami untuk kreasi tutup botol plastik
Karena penasaran dengan hal baru, beberapa hari ini saya habiskan dengan mencoba beberapa bentuk origami kain ini....
Pertama-tama sengaja pilih yang mudah adalah bahan dari flanel. Tentu saja... karena tidak perlu repot memikirkan tepian kain yang kadang kala lepas-lepas :)
Percobaan ke dua : Bunga Flanel
Selanjutnya mencoba dengan menggunakan kain perca. Saya mencoba dengan bahan katun dan kaos. Penuh perjuangan juga ternyata, karena tutorialnya berbahasa jepang dan gambarnya tidak terlalu detil :)
Percobaan ke tiga : Origami Kain Perca
Percobaan ke empat : Origami Kain Perca
Tips yang bisa saya berikan :
  • Menyiapkan mal/cetakan dari kertas terlebih dahulu. Karena potongan kainnya sebaiknya benar-benar terukur :)
  • Pilih bahan yang tidak mudah lepas serat kainnya; ada yang menyarankan menggunakan kain khusus/ sutra. Hanya saja saya tidak punya perca sutra ;)
  • Gunakan jarum pentul untuk menahan  lipatan-lipatan kain; saya malah menggunakan banyaakk jarum pentul 
  • Siapkan juga jarum jahit dan benang; ini berguna untuk me'mati'kan lipatan ketika sudah selesai.
Siap berkreasi? Yuk, Mari!!

Untuk kreasi Origami kain, silakan cek di sini dan di sini

Selengkapnya......

Wednesday, February 22, 2012

Tas Belanja Minimalis dari Rok Tidak Terpakai

Rok lama yang tidak pernah terpakai
Februari adalah bulan untuk kreasi tas dari rok bekas....
Yeay!!!
Sebagai perempuan yang jarang (=tidak) memakai rok, Saya mempunyai banyak rok panjang di lemari pakaian saya. Ntah keinginan untuk memakainya suatu saat nanti (yang biasanya hanya akan menjadi keinginan saja tanpa terwujud), ataupun memang rok tersebut bahan dan motifnya menarik.
Rok dari foto di atas adalah rok lama yang sebenarnya sudah saya modif juga. Awalnya, rok tersebut berlapis dua, kemudian saya pisahkan hingga saya mendapat 2 rok. Hanya saja bahan yang satunya tidak saya temukan lagi. Dan rok yang ada tetap hanya terlipat menjadi daftar tunggu untuk dipakai. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk mengubahnya menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Menjadi sebuah Tas Belanja.
Potong, kemudian jahit
Cara membuatnya, ukuran tas menyesuaikan bahan rok atau sesuai keinginan. Potong bentuk segi empat, disini saya memakai ukuran 52cm x 43 cm. Potong segi empat panjang ukuran 80 cm x 10 cm x 2buah untuk tali dan 35cm x 14cm (atau 17cm x 28cm atau menyesuaikan sisa bahan) untuk penutup tas. Bagiam bawah rok, akan saya pakai menjadi bagian atas tas (jadi tidak perlu menjahit bagian badan atas tas lagi. 
Jahit sisi-sisi badan tas, jahit juga dua buah tali tas dan penutup tas. Tambahkan perekat, sehingga bisa di tutup dan dilipat (lihat gambar di bawah). 
Tadaaa... tasnya sudah jadi dan siap dipakai untuk belanja.
Penampakan tas dari belakang, depan dan kondisi terlipat
*************************

Selengkapnya......

Saturday, February 18, 2012

Ini disebut Fabric Origami

Dari sebuah ebook kerajinan tangan yang saya beli, saya menemukan hiasan-hiasan lucu untuk tas. Hiasan itu terbuat dari lipatan kain yang unik dan menarik minat saya buat berkreasi. Ini mungkin sudah lama dikenal orang banyak, semacam origami kain. Nama seni ini adalah Fabric Origami  kalau di indonesia dikenal dengan textile origami/ origami kain, saya dapatkan nama ini dari pencarian di google. Saya mencari nama jepangnya..tapi tidak menemukan :)

Sebelum saya fasih bkreasi origami kain dan mbuat tutorialnya, silakan menikmati yang di bawah ini...




Masih penasaran, bisa lihat di http://origami.lovetoknow.com/Fabric_Origami dan  http://www.instructables.com/id/Fabric-Origami-Quilt-Block/


*update : kreasi dari bikinan jari bisa dilihat di sini dan di sini  

Selengkapnya......

Friday, February 17, 2012

Hitam Putih Buat Tas Rotanku

motif ini dari sebuah rok lebar panjang se lutut, cantik ya.....

Rok dan Tas Rotan
Saya mempunyai tas rotan yang saya dapatkan dari seorang teman. Kerajinan tangan dari Kalimantan (lupa nama suku dayak yang membuat kerajinan ini). Saya senang sekali memakai tas ini, karena selain enak dipakai, tas ini juga menarik. Hanya saja kalau berpergian, terutama memakai kendaraan umum (=kereta/ bis), saya mesti mempersiapkan kantong-kantong kain untuk menyimpan bawaan saya, supaya lebih aman.Dari pada bersibuk menyiapkan kantong kain sebelum keluar rumah dengan tas ini, maka saya mempunyai ide untuk menambahkan lapisan dalam tas ini. Pilihan saya jatuh pada sebuah rok motif bunga ukuran sedang, warna hitam putih yang memang tidak akan pernah saya pakai ini. :) 



Ukur dan potong rok tersebut seukuran dengan tas rotan, dilebihkan kira-kira 3 cm di sisi-sisinya dan 10 - 20 cm di atasnya. Kelebihan kain akan dipakai untuk membuat aksen kerut di mulut tasnya. Dan, mulai menjahit sisi-sisinya... Untuk tali kerutnya, saya ambil dari tali pinggang yang memang ada dari rok tersebut.
Oh ya, ada kesalahan kecil waktu membuatnya, karena bahannya kurang panjang, maka kain yang di mulut tas kurang panjang. Jadi saya tambahkan pengikat 4 buah, untuk di ikatkan ke tali tas. Sehingga dalaman tas tidak melorot ke dalam.
Jika tas terisi, maka untuk amannya kita serut talinya dan siap berangkat...........


begini penampilan akhir tas rotannya, manis bukan?
 ******************


Selengkapnya......

Tuesday, February 14, 2012

Yuuk Ngebom Pake Benang :)

Kalau grafiti di jalanan pake cat semprot mah udah biasa.. Tapi kalo pake benang rajut?? Bisa nggak yaah??

Bisa aja doonk.. Seni rajut jalanan ini dinamakan Yarn Bombing atau kalo diartiin -Ngebom Benang - kali yah.. hehehe.

Selain Yarn Bombing, seni Ngebom Benang ini juga disebut yarnstorming, guerrilla knitting, urban knitting atau graffiti knitting. Disebut demikian karena memang konsepnya adalah membungkus jalanan dengan menggunakan beraneka macam benang warna-warni. Benang-benang tersebut dirajut lalu 'dipakaikan' ke segala macam fasilitas umum, seperti patung, mobil, bus, jembatan, atau bahkan batang pohon, dll.

Karena menggunakan benang, maka mudah untuk dilepas atau dibersihkan, atau bisa diganti-ganti kalau udah bosan.. hehehe..

Yuuk tengok serunya 'Ngebom Benang'

Bus pake 'sweater' :D


Wah pohonnya jadi meriah..


Bantengnya unyuuuu..


Wah boleh juga niih, jadi gak perlu aspal ;)


Kalo yang ini buatan asli Indonesia lhoo.. Karya Madya Sayeg, Bali.


Gimana, mau coba 'Ngebom' di Jakarta??

Artikel terkait:
http://www.anekainfounik.com/2011/06/yarn-bombing-seni-jalanan-unik.html
http://www.buzzfeed.com/melismashable/25-amazing-yarn-bombs

Gambar diperoleh dari Google :)

Selengkapnya......

Friday, February 10, 2012

Mengolah 2 Rok [Bekas] jadi Sebuah Tas Cantik

Yang ini adalah tas buatku sendiri... :)
**************************************
rok jeans yang akan dipadukan dengan rok kotak-kotak
Kalau sebelumnya saya membuat tas untuk kado seorang teman, maka kali ini saya membuat tas untuk keperluan sendiri, masih sejenis dengan model tote bag hanya memakai retsleting :)
Ada rok jeans bekas di bursa pakaian bekas, Senen yang tidak terlalu besar, tapi kondisi bahannya masih bagus. Saya beli, karena ada sulam bunga berwarna merah di sisi bawah kiri dan kanannya. Karena roknya tidak lebar, sepertinya jika dibuat tas tangan tidak akan cukup untuk talinya. Untuk itu saya memakai rok kotak-kotak untuk menambah bahan tas.

Untuk bagian bawah, saya modifikasi dengan aksen bahan kotak-kotak yang nantinya berfungsi sebagai kantong bagian dalam. 
Alih Fungsi dr Bahan ke-2 
Rok jeans nya ternyata hanya cukup untuk badan tas. Talinya dan bahan untuk retsleting, diambil dari rok kotak-kotak. Yang buat retselting ok saja, namun untuk dijadikan tali tas ternyata bahan tersebut masih terasa tipis, maka saya kombinasikan dengan sisa bahan jeans. Begini penampakannya setelah jadi tas.



tampak jadi


*******************************

Selengkapnya......