Thursday, February 23, 2012

Kreasi Origami Kain Perca dan Flanel

Mcoba buat hiasan origami untuk kreasi tutup botol plastik
Karena penasaran dengan hal baru, beberapa hari ini saya habiskan dengan mencoba beberapa bentuk origami kain ini....
Pertama-tama sengaja pilih yang mudah adalah bahan dari flanel. Tentu saja... karena tidak perlu repot memikirkan tepian kain yang kadang kala lepas-lepas :)
Percobaan ke dua : Bunga Flanel
Selanjutnya mencoba dengan menggunakan kain perca. Saya mencoba dengan bahan katun dan kaos. Penuh perjuangan juga ternyata, karena tutorialnya berbahasa jepang dan gambarnya tidak terlalu detil :)
Percobaan ke tiga : Origami Kain Perca
Percobaan ke empat : Origami Kain Perca

Tips yang bisa saya berikan :
  • Menyiapkan mal/cetakan dari kertas terlebih dahulu. Karena potongan kainnya sebaiknya benar-benar terukur :)
  • Pilih bahan yang tidak mudah lepas serat kainnya; ada yang menyarankan menggunakan kain khusus/ sutra. Hanya saja saya tidak punya perca sutra ;)
  • Gunakan jarum pentul untuk menahan  lipatan-lipatan kain; saya malah menggunakan banyaakk jarum pentul 
  • Siapkan juga jarum jahit dan benang; ini berguna untuk me'mati'kan lipatan ketika sudah selesai.
Siap berkreasi? Yuk, Mari!!

Untuk kreasi Origami kain, silakan cek di sini dan di sini

2 comments:

  1. makasih,,sangat bermanfaat...moga" aja aku bisa buat...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bisa... :) karena jahit-menjahitnya tidak banyak, tinggal lipat melipat aja.. selamat berkreasi... :)

      Delete