Monday, July 1, 2013

Fabric, Crayons, Markers and Making Doll

Fabric Crayon
halah...gaya banget judulnya pake bahasa Inggris hehehe... Beberapa alat tulis khusus untuk media kain ini baru saja saya miliki. Pasti sdh banyak crafter yang memakainya, dan saya termasuk yang telat hehehe...

Fabric Crayon - Krayon untuk Kain : saya mendapatkan dua merk. Dan sayangnya saya tidak mendapatkan warna yang ckp lengkap. untuk merk Pentel ada yang 15 warna juga, sedangkan yang Crayola hanya menemukan yang 8 warna. Untuk fabric crayon, ada tata cara penggunaannya. Silakan di baca pada bagian belakang kemasannya... 

Fabric Crayon
Tata cara pemakaian 
Fabric Markers - Decor Textile - Spidol untuk Kain : Yang saya dapatkan hanya merk ini (Giotto). Cara pemakaiannya mudah, tinggal di sapukan pada permukaan kain. Akan lebih aman jika kita sdh membuat pola gambarnya terlebih dahulu. Pilihan warnanya sangat banyak, ada yang isi 6 (seperti di gambar) ada juga isi 12 warna. Bisa juga kita membeli satuan. 

Untuk Spidol Kain ini, tentu banyak merk lain yang beredar.. :) Merk ini dan kedua merk di atas termasuk yang gampang ditemui di Toko Buku, misalnya Gramedia. Silakan menyempatkan diri menghabiskan waktu mencari spidol ini jika Anda ke toko buku... :) Jika tidak dapat, ada teman crafter yang menjual alat tulis ini. 
Update : salah satunya, silakan kunjungi akun fb-nya di : https://www.facebook.com/apuuhandmade
Fabric Markers - decor textile
Artline 041T - permanent marker dua ukuran (1.0mm dan 0.4mm) ini saya pakai untuk membuat garis pada gambar. Setelah di coba di beri air, ternyata tintanya tidak luntur. Ternyata ada 8 pilihan warna, hmm... saya harus hunting lagi untuk medapatkan ke-7 warna lainnya ya... ;p
Art-line Pen


***********
Mari mencoba berkreasi dengan Fabric Crayon 


Proses Menggambar
Ada dua cara : 


  1. Gambar di kertas dan siapkan kain, kemudian balik bagian yang bergambar menghadap kain. Setrika, lihat hasilnya...
  2. Cara kedua dengan menggambar di kain, siapkan kertas putih atau bisa juga dengan kertas roti. Kemudian setrika, dan lihat juga hasilnya. 
Setrika di sini untuk menghilangkan minyak pada gambar. Kertas, berfungsi menyerap minyak dan penahan panas langsung dari setrika.... 
Selamat mencoba...
Hasil setrika dr fabric crayon 
****
Update : barusan blanja-blanji pewarna ini
# Aqualip Fine : Pen ajaib utk semua media dan semua craft (kartu, kaca, keramik, kuku, handphone, akrilik, cermin, besi, dan media lainnya). Anti air dan berefek timbul
Aqualip Fine

  •  Cat timbul (jadi inget masa kecil ngga??) :) tersedia yg biasa, glitter dan glow in the dark. Saya pesanan saya yg glow in the dark-nya salah pesen jadi dapat yang biasa.. 

Cat timbul - Fortex (Glitter dan Biasa)

Fabric Fun isi 15

19 comments:

  1. di kota ku gak ada,,, boleh tau bisa pesen kemana ya sist ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan kunjungi link fb ini : https://www.facebook.com/apuuhandmade semoga membantu..

      Delete
  2. Yg fabric marker kalau di cuci bermasalah g? Kayak pudar, luntur, atau hilang?
    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum pernah di coba cuci berkali-kali, tapi baru sekali cuci dan hasilnya masih bagus warnanya...

      Delete
  3. Hi mb,kmrn aku sdh beli fabric markers giotto di gramed. Tapi sayang warna hitam di 2 gramed habis semua. Pake yg artline fabric marker tapi 2mm dan hasilnya kurang maksimal krn tebal. Nah, saya mau tanya klo beli artline 014T dimana ya? Kok dicari di gramed ga ada. Trimakasih -widya-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya saya lupa nama tokonya mba, office [?] di margocity [dari loby turun 1 tingkat, dekat hypermart]. Kalau skarang, di Bontang ada toko ATK yang banyak menyediakan jenis artline. Kalau ngga, coba fabric marker dr sharpie... *smoga membantu...

      Delete
    2. halo. boleh tau nama toko di bontang yg menyediakan jenis artline , fabric spidol, atau cat akrilik? thx.. ^^

      Delete
    3. sepertinya artline sj yg ada fi bontang, nama tokonya anugerah terang, suplier dan toko atk. untuk spidol kain dan cat akrilik blm nemu tokonya.... semoga membantu...

      Delete
  4. Hi mb,saya udah beli sharpie juga. Sayangnya klo di blacu masih merembes. Hikssss.... Kayaknya emang masalah pemilihan kain yg bagus n cocok. Makasih ya mb atas responnya :)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh... sheila@7 maaf comentbya terdelete.... iya, saya posisi skrng d bontang, kaltim...

      Delete
  6. Mb.penggunaan fabric crayon utk cara 1 nya pakai kertas apa ya? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Trixie, kertas yang saya pake kertas hvs biasa, bisa juga memakai kertas roti (kertas yang biasa dipakai untuk alas bikin roti) krn lebih tipis... semoga membantu

      Delete
  7. Mb.penggunaan fabric crayon utk cara 1 nya pakai kertas apa ya? Tks

    ReplyDelete
  8. Hai...aku udh coba pake Sharpie, Giotto sama Artline yg shirt marker di kain blacu.terus coba dicuci ternyata malah yg sharpie yg yg tahan lama...dan setelah dibaca cara pemakaian,fabric marker pun harus disetrika jg setelah digambar biar tahan lama..
    Hehehe...jadi curhat..semoga baermanfaat infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bermanfaat sekali infonya... terimakasih sdh sharing...

      Delete
  9. Saya ngewarnain pake spidolnya juga. Mungkin karena ketebelan dan belum kering banget, jadi luntur deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk hasil yg lebih bagus, sepertinya pakai merk sharpie... biasanya di gramedia/toko buku besar menjualnya...

      Delete