Saturday, June 18, 2011

Yuk, kita bikin-bikin keranjang kertas sendiri....[II]

ini keranjang yang pertama kali dibuat...lumayan hancur hehehe...

**********************************************************************
Kalo udah jadi gulungan-gulungan korannya, maka bisa mulai mbuat keranjangnya

Langkah pertama : Susun 5 buah gulungan untuk jadi 'tulang'nya. Kemudian jalin dengan 9 buah gulungan juga (nantinya akan jadi tulang juga). Lihat gambar untuk jelasnya.








Langkah selanjutnya, jalin 1 buah gulungan lagi, namun hanya sampai 5 tulang saja, selanjutnya sisanya di jalin melingkar (Lihat gambar). Jika gulungan hampir habis, kita sambung dengan gulungan lagi.

Untuk menyambung gulungan, beri lem pada ujung-ujung. Kemudian masukkan/ rekatkan. Khusus untuk menyambung, memakai lem putih.

Terus dijalin hingga ukuran yang diinginkan. Disini hingga 5 jalinan melingkar.
Jika sudah cukup buat alasnya, maka tulang-tulang tersebut ditegakkan untuk membuat sisi keranjang. Sambil terus di jalin hingga ketinggian yang diinginkan. (Dalam contoh, jalinan sisi hingga 12 buah melingkar)

Untuk menyelesaikannya, potong tulang-tulang yang panjangnya melebihi sisi. Kemudian sisipkan ke sisi tulang yang berawanan. Satu persatu.
(Lihat gambar di bawah) hingga semua tulang disisipkan.

Untuk mempercantik keranjang bisa di poles dengan vernis atau pewarna alam.

 











Untuk kreasi keranjang koran yang lainnya, bisa mampir ke http://bikinanjari.blogspot.com/2011/09/keranjang-dari-kertas-koran-bekas-iii.html 

 ****************************************************************

17 comments:

  1. Tutorialnya Bagus banget.

    Kalau lagi surfing jangan lupa mampir ke blog aku juga ya...

    Sangat bermanfaat.(';')

    ReplyDelete
  2. makasih infonya. tau ga gmn buat yg alasnya melingkat2

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan kunjungi http://bikinanjari.blogspot.com/2011/09/keranjang-dari-kertas-koran-bekas-iii.html juga beberapa alternatif alas yang melingkar di sini http://bikinanjari.blogspot.com/2012/01/beberapa-desain-alas-keranjang-koran.html

      Delete
  3. waaaahh,, asyik...
    thanks for sharing!! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih... sharing balik kalo sdh coba2 ya... :)

      Delete
  4. ini yg aku cari2 akhirnya nemu juga caranya ^^
    makasi byk ilmunya mba...
    sangat membantu ^^

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. senang ya... selamat berkreasi yang lainnya...

      Delete
  6. waw... keren. bisa memanfaatkan barang bekas. makasih ya...

    ReplyDelete
  7. thanks banget ya...last minute nih,anak ku dapat tugas dari sekolah...anyaman dari koran,sudah terbayang tapi ga tau cara nya..eh ternyata dapat juga di blog ni...mana kata nya buat mewakili sekolah lagi...ga berharap menang,berharap bisa ngerjain aja sudah senang...sekali lagi..thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma bisa bilang W O W... makasih sekali sdh mau berbagi cerita... saya turut senang, bisa menyebarkan virus kreasi...

      Delete
  8. Wah, makasih buat sharingnya ya mbak :-D harus langsung dipraktekkan nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba.... Share ya kalau sudah jadi...

      Delete