Friday, January 27, 2012

Kerut Yo-Yo untuk Kreasi Tutup Botol Bekas

Sudah saatnya berkreasi kembali....

Kerut Yo-yo (baru dapat istilah itu di mesin pencari di bahasa Indonesia) istilah yang lebih dikenal adalah Yo-Yo Fabric, atau Fabric Yo-Yos sudah lama menarik perhatianku. Hanya saja, ku kurang begitu menyukai jika dibuat untuk taplak meja - atau kreasi yang full kerut Yo-Yo, ku lebih menyukai aplikasi ini dalam bentuk satuan/ kelompok kecil hehehe... 
Jadi, ketika berfikir bagaimana memanfaatkan tutup botol plastik ide ini yang tercetus. Awalnya, seorang teman membungkus plastik kemasan dengan menggunakan lem, namun menurut saya itu akan boros di lem.

Untuk membuat aplikasi kerut Yo-Yo, pertama-tama, buat mal dari kertas, lingkaran dengan ukuran diameter 9 - 12 cm. Kemudian tumpuk berbagai macam kain perca/ kain sisa potongan, bisa lima lembar taruh mal kertas, sematkan jarum pentul supaya tidak bergerak-gerak. 
Kemudian gunting kain tersebut, ratakan. Hingga kita memiliki beberapa helai kain yang siap di buat aplikasi kerut Yo-Yo.

silakan klik untuk memperbesar gambar
Langkah selanjutnya,
Ambil sebuah potongan kain berbentuk lingkaran, jahit jelujur tepinya yang sudah di lipat terlebih dahulu. 
Jahit hingga sekelilingnya, kemudian tarik benang hingga tepi jahitan berkerut, simpul mati benang dan potong. 
silakan klik untuk memperbesar gambar
Jika ingin berkreasi dengan tutup botol plastik, saya menambahkan krincingan dan ring kawat kecil, untuk tempat gantungan kunci atau tali. Saya beli di Pasar Asemka, isinya luar biasa banyak.. :)
Letakkan krincingan di tutup botol bagian dalam, kemudian letakkan dengan posisi terbalik (lihat gambar di bawah) di atas kain yang sudah di jahit jelujur sekelilingnya.
Kemudian kerutkan (tarik benang) sampai benar-benar kencang, hati-hati jangan sampai benang putus (lebih aman jika menjahitnya menggunakan dua lembar benang).  Jika sudah terik, benang lalu disimpul mati. Pasang ring kawat di bagian atas kerut dengan dijahit. 
Jika mau, untuk hiasan, bisa memakai kancing atau kain flanel yang dibentuk huruf atau bunga-bungaan. Selanjutnya pasang tali hp atau gantungan kunci yang bisa di beli di toko bahan assesories/ bahan jahit-menjahit. Selamat mencoba....
 
silakan klik untuk memperbesar gambar

9 comments:

  1. wah bisa buat juga ya...trims infoya kreatif

    ReplyDelete
  2. Itu buat sangkutin tali gantungan dimananya? Kalau dibelakang kerut, ga terbalik nantinya pas udah gantung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lebih suka dengan cara membuat semacam tempat kaitan bisa dengan beberapa helai benang, atau dari kain sejenis di bagian sisi kain (bukan pada bagian kerut atau bagian yang diberi hiasan). Semoga membantu...

      Delete