Saturday, June 18, 2011

Yuk, kita bikin-bikin keranjang kertas sendiri....[II]

ini keranjang yang pertama kali dibuat...lumayan hancur hehehe...

**********************************************************************
Kalo udah jadi gulungan-gulungan korannya, maka bisa mulai mbuat keranjangnya

Langkah pertama : Susun 5 buah gulungan untuk jadi 'tulang'nya. Kemudian jalin dengan 9 buah gulungan juga (nantinya akan jadi tulang juga). Lihat gambar untuk jelasnya.








Langkah selanjutnya, jalin 1 buah gulungan lagi, namun hanya sampai 5 tulang saja, selanjutnya sisanya di jalin melingkar (Lihat gambar). Jika gulungan hampir habis, kita sambung dengan gulungan lagi.

Untuk menyambung gulungan, beri lem pada ujung-ujung. Kemudian masukkan/ rekatkan. Khusus untuk menyambung, memakai lem putih.

Terus dijalin hingga ukuran yang diinginkan. Disini hingga 5 jalinan melingkar.
Jika sudah cukup buat alasnya, maka tulang-tulang tersebut ditegakkan untuk membuat sisi keranjang. Sambil terus di jalin hingga ketinggian yang diinginkan. (Dalam contoh, jalinan sisi hingga 12 buah melingkar)

Untuk menyelesaikannya, potong tulang-tulang yang panjangnya melebihi sisi. Kemudian sisipkan ke sisi tulang yang berawanan. Satu persatu.
(Lihat gambar di bawah) hingga semua tulang disisipkan.

Untuk mempercantik keranjang bisa di poles dengan vernis atau pewarna alam.

 











Untuk kreasi keranjang koran yang lainnya, bisa mampir ke http://bikinanjari.blogspot.com/2011/09/keranjang-dari-kertas-koran-bekas-iii.html 

 ****************************************************************

Selengkapnya......

Yuk, kita bikin-bikin keranjang kertas sendiri....[I]

Banyak yang ngga nyangka kalau keranjang di atas dibuat dari koran bekas...Yup! Ini terbuat dari kertas koran bekas.

Sebenarnya udah lama pengen belajar buat keranjang dari koran bekas, cuman baru kesampaian pas ada pekan lingkungan hidup + CSR di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Salah satu stand ada seorang Ibu dari Cilacap yang semangat membawa workshop pembuatan keranjang dari kertas koran. Wah, bisa ngelmu gratis ne... :)

Sebenarnya waktu itu kita cuma belajar membuat gulungan koran saja, tidak sampai jadi keranjang. Hanya saja, pas kita mau pulang, eh di kasi keranjang bundar yang sudah jadi...Senangnya.. Udah belajar gratis, dapet hadiah lagi hehehe....

*************************************************************************
Nah, saatnya berkreasi. Kali ini pengen ngebuat keranjang yang berbentuk oval. Untuk membuat 1 keranjang seperti gambar di atas, dibutuhkan 25 - 35 gulungan koran. Jadi, kita buat dulu gulungan korannya....



Alat dan Bahan :

  1. Kertas Koran
  2. Lem Kertas
  3. Lidi

 







Cara Membuat :

  1. Kertas koran di lipat menjadi 3 bagian,kemudian digunting.
  2. Untuk hasil gulungan berwarna putih, gunakan lembaran yang salah satu sisinya tidak ada tulisannya (seperti gambar disamping)
  3. Ambil 1 lembar, beri lem pada ujung yang ada tulisannya (sisi yang tidak ada tulisannya disisi yang lain). Letakkan sebatang lidi, kemudian lipat miring, sambil direkatkan.
  4. Gulung terus, sambil lidi ditarik perlahan-lahan sampai kertas habis. (lidi ditarik perlahan-lahan supaya mudah dikeluarkan nantinya)
  5. Sebelum kertas habis digulung, kita beri lem kemudian direkatkan.
  6. Buat hingga 20 - 30 buah gulungan kertas




Catatan : Jika ingin variatif, buat juga gulungan koran yang berwarna atau hitam putih. 







Untuk membuat Keranjang Korannya, silakan lihat di Yuk, kita bikin-bikin keranjang kertas sendiri....[II]

Selengkapnya......

Friday, June 17, 2011

Yuk, kita bikin-bikin pembatas buku sendiri....


Tanggal 5 Juni 2011 kemaren,

akhirnya kita bisa juga ngadain kgiatan "Yuk, kita bikin-bikin" pas Launching Tahun Kunjungan Wisata Ciliwung, oleh Komunitas Peduli Ciliwung Tanjungan, Condet.
Pasti pada ngga nyangka kalo kita bisa, Lho! Beraktivitas di tepi Sungai Ciliwung. Udah tempatnya bersih, nyaman dan rindang lagi. Wuih, temen-temen kecil kita seneng banget bisa maen, blajar juga di sini.

Oh ya, kali ini kita bikin-bikin pembatas buku dari majalah bekas. Idenya dari Putri Ayusha yang emang jago bikin-bikin pembatas buku dari majalah bekas. Nanti dia akan buat artikel terpisah tentang cara pebuatannya.

Ada beberapa design yang kita bawa dari rumah, cuman pas di sana temen2 kecil bersemangat sekali. jadi, kita ambil desihn yang mudah dibuat. Yaitu design Lady ma Jerapah, sayangnya hasil karya mreka lupa kita dokumentasikan....


Selengkapnya......

Thursday, June 16, 2011

Yuk, kita bikin-bikin tas belanja sendiri....



ide awalnya dari surfing ttg jahit menjahit, eh dapet web asik banget tepatnya di http://www.allfreecrafts.com/ jadi dapet ide gimana
caranya mbuat tas belanja yang beda ma yang lain.

Juga, suka ngebayangin knapa orang-orang suka dengan tas kresek. Ya, karena tas kresek itu simple, mudah dibawa dan mu
at banyak. Cuman, tas kresek kan ga ramah lingkungan, dab belakangan ini tas kresek tuh dibuat dr bahan yg ga ramah buat badan kita. Jadi, kayanya bahan plastik diganti ma bahan kaen pas banget buat jadi tas belanja ya...Punya 2 rok bekas, jadi pengen bikin-bikin... [rok dari bahan apa saja, bisa kok dibuat tas]


Langkah Pertama : Ambil Tas Kresek, gunting bagian bawah dan atasnya. [Atau bisa buat cetakannya dengan cara jiplak tas kresek di kertas koran bekas]. Gunting sesuai pola. Kali ini, langsung diambil dari tas kresek itu sdiri. Karena bentuknya rok sudah depan belakang, jadi bisa langsung dijiplak dan digunting. [atau tidak perlu dijiplak, sematkan jarum pentul disetiap sisi pola, gunting].


Selanjutnya : karena ngerasa kurang panjang untuk talinya, jadi ditambah kaen sisa potongan tadi. kemudian jahit [menjahitnya mengikuti tas kresek]. Pada tepi-tepi tali tas, diberi tambahan (bisban??) warna merah biar kliatan manis. Oh ya jangan lupa tambahkan tali 2 buah di tengah-tengah tasnya. Untuk mengikat.




Selengkapnya......